Bekas Reaktor Nuklir Menjadi Wisata Tidak Nyangka Kan? Inilah Negara China

Posted on

Reaktor nuklir identik dengan keadaan yang berbahaya. Tapi di China, ada sisa reaktor nuklir yang diubah jadi tempat wisata. Kira-kira keren atau ngeri! Ialah 816 Nuclear Military Plant, beberapa bekas reaktor nuklir dalam tanah yang terletak di Kota Baitao, Distrik Fuling. Pertama-tama kalinya beroperasi pada tahun 1966, reaktor nuklir yang tersembunyi itu akhirnya ditutup pada tahun 1984 sebab kondisi dunia yang telah damai. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (27/9/2016) sekarang reaktor nuklir bawah tanah itu sendiri malah dialihfungsikan menjadi tempat wisata sejarah setelah direnovasi seperti dikabarkan media Xinhua.

Awalnya, Reaktor Nuklir Militer 816 sempat dibuka untuk masyarakat pada tahun 2010 lalu. Namun karena persoalan teknis, area itu direnovasi dan baru diresmikan kembali untuk pengunjung pada akhir pekan lalu seperti diberitakan media China News. Jadi apa yang bisa dilihat dalam mantan reaktor nuklir tersebut? Menurut informasi Reaktor Nuklir Militer 816 akan membuat traveler yang sejarah dengan teknologi modern yang telah terpasang belum lama. Yang sangat tampak adalah kehadiran sejumlah lampu neon warna-warni di sudut reaktor nuklir. Boleh dibilang suasananya malah terlihat seperti di film fiksi futuristik misalnya Tron Legacy dan Star Wars.

Uniknya lagi, traveler akan dianterin langsung oleh bekas asisten manager yang dahulu kerja di situ. Cerita yang disampaikan pun akan amat otentik, mengingat informasi yang dijelaskan pada salah satu pelaku sejarah yang masih tetap hidup. Bagi wisatawan anti mainstream yang sekarang akan liburan ke China, bisa saja mampir ke Reaktor Nuklir Militer 816 di Kota Baitao. Seakan-akan masuk ke dalam film fiksi ilmiah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.